The Impact Learning Strategy Implementation Based on Multiple Intellegency to The Mathematics Learning Result at Grade IV Student SD Negeri 1 Petahunan

Niken Larasati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Petahunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Petahunan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, dan 2) observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Petahunan.

Keywords

Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Majemuk, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.