Augmented Reality to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning
Abstract
Era Revolusi 4.0 ditandai dengan perkembangan internet dan teknologi digital yang sangat pesat. Era Revolusi 4.0 ini mempengaruhi berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran IPA yang mampu melatih keterampilan berpikir abad 21. Pembelajaran abad 21 menekankan pada kecakapan abad 21 atau 4C meliputi creative thinking, critical thinking and problem solving, communication, collaboration. Keterampilan yang perlu dikembangkan guru pada peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Guru perlu mengembangkan keterampilan berpikir kritis engan menggunakan strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan konsep Augmented Reality, konsep keterampilan berpikir kritis dan hubungan Augmented Reality dam keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menemukan bahwa Augmented Reality dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta diri dalam pembelajaran IPA
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.