The Effect of the Creative Problem Solving Model (CPS) on the Improvement of Elementary School Students' Mathematical Problem Solving Ability
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran CPS dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini berbentuk kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian terdiri dari 42 siswa kelas V SDN 036 Ujung Berung sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa SDN 050 Cibiru sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata skor pretes kelompok eksperimen sebesar 33,99 dan kelompok kontrol sebesar 32,91. Setelah mendapatkan perlakuan berbeda, diperoleh rata-rata skor postest kelompok eksperimen sebesar 81,16 dan kelompok kontrol sebesar 66,45. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model CPS dapat dijadikan sebagai alternative model pembelajaran yang dapat diterapkan guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.