Effectivity Of The Van Hiele Learning Model Toward The Mathematics Achievement For Five Grade At SD Negeri Bringin 01. Bringin District. Semarang Region Semester II Year 2011/2012

Rina Atik Wahyuni

Abstract

Hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Bringin 01 masih rendah, sehingga diperlukan solusi untuk dapat meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Van Hiele terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SDN Bringin 01 tersebut. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental Design yakni One-Group Pretest-Postest dan sebagai variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Van Hiele. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB, semester II SD Negeri Bringin 01 tahun pelajaran 2011/2012. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,05 > 0,000 dan thitung> ttabel (22,366 > 2,069). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Van Hiele efektif terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri Bringin 01 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.

Keywords

Model Pembelajaran Van Hiele dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.