Improving Procedure Text Writing Skills Using The Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Learning Model In Class IV SDN Kramat 1 Dempet
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan menulis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur kelas IV dengan model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap akhir siklus dilaksanakan penilaian untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Persentase ketuntasan belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur siklus I diperoleh hasil 72,73%, meningkat pada siklu II diperoleh hasil ketuntasan belajar 95,24%. Berdasakan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model SAVI dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks prosedur peserta didik kelas IV di SDN Kramat 1 Dempet.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.