Application of the Project Based Learning (PjBL) learning model in Science subjects on Class V Ecosystem material at SD Negeri Segaralangu 04 Cipari

Ria Trikurniasih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem Kelas V dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SDN Segaralangu 04 Cipari. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas dan memenuhi KKM setelah melakssiswaan post test sebesar 81%. Pada siklus ke II siswa yang tuntas dan memenuhi KKM setelah melakssiswaan post test sebesar 90%. Hasil pos test tiap siklus menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem Kelas V di SD Negeri Segaralangu 04 Cipari.

Keywords

Hasil belajar, Project Based Learning (PjBL), IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.