The Effectiveness Of Image Media For Writing Descriptive Essays On Student Activities And Learning Outcomes

Okti Nurdiyani

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis, penguasaan keterampilan menulis peserta didik masih rendah dibuktikan dengan hasil belajar masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut disebabkan guru belum memberi media pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu mencari solusi terkait bagaimana cara yang efektif untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis peserta didik. Salah satunya yaitu menggunakan media gambar dan media audio. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui keefektifan media gambar untuk menulis karangan deskripsi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penggunaan media gambar lebih efektif daripada media audio.

Keywords

media gambar, aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.