Online Learning Through the Google Meet to Increase Student Interest in Class 1 SDN 2 Pulongrambe

Elsa Novian Kusumawardhani

Abstract

Hasil observasi peneliti dari bulan Juli sampai Agustus 2021 menunjukkan rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana peningkatkan minat belajar siswa mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi Google Meet. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yang menjadi variabel bebas (x) dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan aplikasi Google Meet sedangkan variabel terikatnya (y) adalah minat belajar siswa. Penelitian tindakan ini mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dan pelaksanaan dalam jangka waktu satu bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan minat siswa mengikuti pembelajaran dari awalnya pada kategori kurang baik dengan presentase sebesar 28, 6 % menuju kategori baik dengan presentase sebesar 67 %. Maka dari pelaksanaan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan yang dilakukan berhasil. Disarankan bagi guru kelas SD 1 untuk menggunakan aplikasi Google Meet dalam melasanakan pembelajaran daring di masa pandemi.

Keywords

Minat Belajar, Pembelajaran Daring, Google Meet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.