Improving Understanding Identifying Nature Of Counting Operations Through Models Cooperative STAD Type
Abstract
Tujuan penelitian adalah: 1) Meningkatkan keaktifan siswa, dan 2) Meningkatkan hasil belajar. Prioritas pemecahan masalah yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah 90% prestasi belajar siswa lebih dari KKM yang ditentukan yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran, dan meningkatkan hasil pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan belajar. Peningkatan prestasi belajar siswa terjadi dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas siswa dari 61,5 menjadi 78,5. Dan meningkatnya persentase ketuntasan dari 42,4 % menjadi 100 %.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.