Increasing the Reading Interest of Class IV Students with Image media Through Power Point Slide on the Google Meet App

Stella Mega Markuningrum

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Kristen Pratama melalui metode DRTA. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan selama 2 siklus diawali dengan kegiatan prasiklus kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi belajar tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kristen Pratama yang berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 76,92 untuk siklus I, dan nilai rata-rata siswa sebesar 85,36 untuk siklus II. Kemudian pada siklus I sebanyak 15 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal. Sedangkan, pada siklus II sebanyak 22 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal. Hal ini menunjukkan keterampilan membaca pemahaman siswa khususnya dengan menggunakan metode DRTA pada siswakelas IV SD Kristen Pratama mengalami peningkatan yang signifikan.

Keywords

membaca pemahaman, metode DRTA, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.