Mind Mapping Learning Methods In Science Class 5 Elementary School

Fika Ratna Dila

Abstract

Banyak dari siswa-siswi SD pada kelas 5 yang kurang memahami materi IPA karena banyaknya bacaan sehingga siswa mudah lupa. Guru mencoba mencari alternatif solusi agar siswa dapat memahami materi IPA yang memiliki banyak materi untuk dibaca dengan mencari metode yang sesuai dengan permasalahan pada kelas 5. Terpilihlah metode Mind Mapping yang akan digunakan guru pada pembelajaran mata pelajaran IPA di kelas 5. Dari hasil penelitian guru mendapatkan hasil yang baik yaitu siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas, suasana kelas menyenangkan dengan adanya metode Mind Mapping, siswa lebih memahami materi dengan kata kunci dan gambar, serta siswa mendapat pengalaman baru yang bermakna. Penelitian dengan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD berhasil membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, siswa memahami materi, dan nilai siswa meningkat.

Keywords

Hasil belajar, Mind Mapping, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.