Improving Indonesian Learning Outcomes Material Characteristics of Living Things with Picture and Picture Models
Abstract
Dalam dunia pendidikan sekolah dasar, ciri-ciri makhluk hidup merupakan salah satu pembahasan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun banyaknya materi serta kurangnya kreatifitas guru dalam menjelaskan materi membuat penurunan dalam pencapaian hasil belajar siswa. Padahal pembelajaran yang aktif ditandai adanya rangkaian kegiatan terencana yang melibatkan siswa secara langsung. Maka di perlukan adanya perbaikan pembelajaran. Terdapat banyak model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang ciri-ciri makhluk hidup, salah satunya dengan menggunakan model picture and picture. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen berupa lembar observasi dan lembar evaluasi setiap akhir siklus. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang ciri-ciri makhluk hidup. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan nilai rata-rata tiap siklus.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.