Application Of Inquiry Model To Increase Student Learning Motivation In Elementary School Science Lessons
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui penerapan model Inkuiri pada kelas IV SD Negeri 1 Langon. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Adapun tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus 1 pertemuan I persentase ketuntasan 66,67% termasuk kategori penilaian cukup dan siklus 1 pertemuan II dengan persentase ketuntasan 77,78% termasuk kategori penilaian baik. Pada siklus 2 pertemuan I dengan persentase ketuntasan 88,89% termasuk kategori penilaian sangat baik dan siklus 2 pertemuan II dengan persentase ketuntasan 96,30% termasuk kategori penilaian sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 1 Langon.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.