Improving Student Learning Outcomes Through The Cooperative Learning (CL) Learning Model
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema 5 sub tema 3 melalui model pembelajaran Cooperative Learning pada siswa Kelas VI Semester 1 SDN 1 Pekiringan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas VI Semester 1 SDN 1 Pekiringan dengan kondisi awal hasil belajar tematik masih rendah. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning terhadap materi tematik tema 5 sub tema 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema 5 sub tema 3 pada siswa Kelas VI SDN 1 Pekiringan telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap siklus. Berdasarkan catatan selama penerapan model pembelajaran Cooperative Learning didapat perolehan pada pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar 35% dengan rata-rata 64. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 78% dengan rata-rata 77. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 91% dengan rata-rata 85.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.