Inquiry Learning Method to improve Students Critical Thinking

Yuni Handayani Harun

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan metode inkuiri dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan metode inkuiri. penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dawuan Barat II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes (pretes dan postes). Berdasarkan hasil analisis data , kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan metode inkuiri mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata siswa pada tes kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa kualitas peningkatan dari siklus I ke siklus II berada pada kualitas sedang. Penelitian ini telah memenuhi indikator ketercapaian penelitian pada sikus ke II dengan ketuntasan klasikal sebesar %. Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri mengalami peningkatan di setiap pertemuannya. Pada akhir siklus penelitian, pemerolehan skor observasi aktivitas siswa mencapai 85,3% yang menandakan ketercapaian aktivitas belajar siswa termasuk kategori sangat tinggi seperti yang diharapkan. Dengan demikian Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas siswa kelas V SDN Dawuan Barat II.

Keywords

Kemampuan berpikir kritis, metode inkuiri, sifat-sifat cahaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.