Improve Student’s Understanding of Mathematics on the Theme of Speed Using Problem Based Learning Models

Teguh Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas lima sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 77%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 94%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas 5A SD Negeri Proyonanggan 09 Batang.

Keywords

Matematika, Problem Based Learning, Hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.