Improving Science Learning On Ecosystem Themes Through The Problem Based Learning Model For Class V SD Negeri 1 Somosari

Puji Rokhayanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran IPA melalui model Problem Based Learning kelas V SD Negeri 1 Somosari.. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas V sejumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kriteria baik, siklus II skor 26 kriteria baik, dan siklus III 28 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 21,6 kriteria baik, siklus II skor 24,2 kriteria baik, dan siklus III 28,1 kriteria sangat baik, sedangkan ketuntasan klasikal siklus I sebanyak 67%, siklus II 77%dan siklus III 90%. Kesimpulannya dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPA Tema Ekosistem yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Somosari.

Keywords

IPA, Project Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.