The improvement of Elementary School Students' Mathematical Representational Ability Through the Application of the Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Approach

Astri Yuliawati

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa kelas VI SDN Karangsinom I pada tahun ajaran 2020/2021 menjadi latarbelakang dalam penelitian ini, dibuktikan dengan data empiris nilai tes awal menunjukan 78% siswa masih di bawah KKM (≥ 70). Metode penelitian yang digunakan dalam yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian yang digunakan merujuk pada desain Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, tahapan setiap siklusnya ialah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada kemampuan representasi matematis berdasarkan pada kriteria Ketuntasan Belajar Secara Klasikal (KBSK) sebesar 85%, dengan perolehan di siklus I yakni 45,5% kemudian meningkat di siklus II menjadi 86,36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) telah berhasil meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar kelas VI pada materi volume prisma segitiga dan volume tabung.

Keywords

Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kemampuan Representasi Matematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.