The Use Of "Keramas" Puppet Media To Improve Learning Outcomes In Class 5 Science Learning At SDN 1 Suruh

Ninik Rudiyanti

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD) saat ini cenderung kurang menarik dan kurang membangkitkan semangat siswa dalam belajar, padahal pembelajaran harusnya dilakukan dengan cara yang tepat sehingga menjadi lebih bermakna. Seringkali siswa kurang memahami materi yang disampaikan, namun siswa hanya diam dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya. Siswa menjadi kurang aktif dan dan kurang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Media wayang dipilih membantu untuk mengembangkan kreativitas dalam berpikir serta meningkatkan motivasi dan rasa ketertarikan untuk belajar dengan suatu alur cerita dengan media tersebut. Media pembelajaran berupa wayang “KERAMAS” dapat disesuaikan dengan perkembangan kognitif siswa di tingkat Sekolah Dasar yang masih pada tahap operasional konkret yang ditandai dengan hal yang nyata. Wayang “KERAMAS” sebagai media pembelajaran dapat menjadi sarana belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 5 di SDN 1 Suruh. Penelitian ini dilakukan dengan 20 siswa kelas 5 menjadi dua tahap. Tahap I dilakukan uji coba pembelajaran IPA tanpa menggunakan media diperoleh nilai rata-rata 69,5 atau masih kurang dari nilai KKM. Tahap II dilakukan menggunakan media wayang terjadi kenaikan nilai yang signifikan, sehingga diperoleh nilai rata-rata 78,5.

Keywords

Media, wayang, Project Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.