The Effect Of The Aptitude Treatment Interaction Learning Model On The Mathematical Communication Skill Of Elementary School Students

Lusi Rahmawati

Abstract

Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang memerhatikan individu siswa serta menekankan pada kemampuan komunikasi matematis. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu: aptitude test, pengelompokkan, treatment (perlakuan), serta achievement test. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI SDN Cibalung 01. Instrumen yang digunakan berupa soal kemampuan komunikasi matematis serta lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol yang ditunjukkan dengan uji gain masing-masing sebesar 0,33 dan 0,54. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Aptitude Treatment Interaction lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Keywords

Model Aptitude Treatment Interaction, komunikasi matematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.