Improving Activities And Outcomes Of Learning Writing Narrative Through SQ3R Method

Nurul Adha

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui upaya penggunaan metode SQ3R untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan performansi guru dalam pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis narasi, dengan masalah penelitian yaitu, bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan performansi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas III SD Negeri 04 Kalirandu Kabupaten Pemalang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Teknik dan alat pengumpul data yaitu dengan teknik tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SD Negeri 04 Kalirandu Kabupaten Pemalang dengan siswa sebanyak 42, terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 24 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua kali tindakan atau dua kali siklus. Hasil yang diperoleh berupa adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 79,09% meningkat menjadi 84,24% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa, dari persentase tuntas belajar klasikal 78,57% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 73,09 pada siklus I, menjadi 90,48% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 78,21 pada siklus II, serta performansi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi pada siswa kelas III SD Negeri 04 Kalirandu Kabupaten Pemalang juga meningkat yaitu dari 82,14 pada pelaksanaan tindakan siklus I, menjadi 87,69 (A) pada pelaksanaan tindakan siklus II. Kesimpulannya, dengan menerapkan metode SQ3R, dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Negeri 04 Kalirandu Kabupaten Pemalang

Keywords

Menulis naras, pembelajaran bahasa Indonesia, metode SQ3R

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.