Improving Independence And Science Learning Outcomes Through The Everyone Is A Teacher Here Strategy

Lara Nur Haryanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemandirian belajar IPA melalui strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sorogaten Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sorogaten (3) mendeskripsikan pembelajaran melalui strategi everyone is a teacher here dalam upaya meningkatkan kemandirian dan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 1 Sorogaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas melalui empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan,(2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi dengan objek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Sorogaten yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian (1) melalui penerapan strategi everyone is a teacher here, kemandirian belajar siswa meningkat. Peningkatan dari siklus I ke siklus II pada masing-masing aspek adalah sebagai berikut, pada aspek percaya diri sebesar 38,1%, aspek tanggung jawab sebesar 13,57%, aspek disiplin sebesar 42,86%, dan aspek fokus serta pemahaman materi sebesar 18,33%, (2) peningkatan hasil belajar pada siklus I mencapai 76,19%, dan presentase meningkat pada siklus II mencapai 85,00%, (3) kualitas penerapan strategi everyone is a teacher here meningkat dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran dengan strategi everyone is a teacher here pada siklus I mencapai 69,64% dengan skor 2,79 (kategori baik). Sementara itu, pada siklus II mencapai 76,78 dengan skor 3,07 (kategori sangat baik).

Keywords

Kemandirian belajar, hasil belajar IPA, strategi everyone is a teacher here

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.