Implementation Of The Role Play Learning Model To Increasing The Activity And Ability Of Rhymes In Class V Students Of SD Negeri Palugon 01

Arif Solekhudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Palugon 01 Tahun Pelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Melisankan Pantun Hasil Karya pribadi dengan lafal, Intonasi dan Ekspresi. Model pembelajaran yang di terapkan adalah model pembelajaran bermain peran. Penelitian Tindakan Kelas dibagi dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi pengamatan aktivitas belajar siswa serta tes keterampilan untuk mengukur hasil belajar melisankan pantun pada setiap akhir siklus. Hal ini didukung oleh peningkatan aktivitas siswa pada siklus pertama yang menunjukan peningkatan. Siklus 1 siswa konsisten bertanya dan menjawab 10,8% dan 7,1 siswa konsisten aktif menjawab. Siklus 2 keaktifan bertaya dan menjawab, siswa mencapai 39,2% dan 28,5% untuk keaktifan menjawab. Selain terjadi peningkatan keaktivan siswa, peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Adapun peningkatan tiap siklus, pada tahap pra siklus tingkat ketuntasan siswa hanya mencapai 10 siswa (35,7%), 17 siswa (60,7%) mencapai ketuntasan pada siklus pertama, dan pada siklus ke dua terdapat 24 (85,7%) siswa mencapai ketuntasan minimum (85,7).

Keywords

Model Bermain Peran, Keaktifan, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.