Improving Mathematics Learning Outcomes Through a Contextual Approach In III Grade Students Of SDN Sentul 01 In The Academic Year 2020/2021

Anis Tria Yupita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil belajar matematika melalui pendekatan kontekstual siswa kelas III SDN Sentul 01 Tahun pelajaran 2020/2021. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan kontekstual siswa kelas III SDN Sentul 01 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 3 tahap kegiatan yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Analisis data dilakukan dengan tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siklus 1 dan siklus 2 yaitu pada pra siklus 14,28%, siklus 1 sebanyak 42,86%, dan siklus 2 yaitu 100%. 2) peningktan hasil belajar dari pra siklus ke siklus 1 yaitu 28,58% dan dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 57,14%. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran matematika di SDN Sentul 01.

Keywords

Pendekatan kontekstual, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.