Literature Study: Improving Student Learning Outcomes In Social Science Subjects Through The Numbered Heads Together Learning Method

Febrianti Lestari Juansyah

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together
Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui: (1) Aktivitas belajar siswa kelas V SDN 4 Sukaraja dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) (2) Meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 4 Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Hasil peneleitian menunjukan bahwa (1) Aktifitas peserta didik lebih meningkat pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dilaksanakan dengan menerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Togerher (NHT), evaluasi yang diberikan dapat dipahami dan dikerjakan tepat waktu, serta pada waktu kegiatan belajar mengajar peserta didik terlihat aktif (2) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Sukaraja dan SDN 2 Cibeureum Wetan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Hal ini terlihat berdasarkan: Jumlah peserta didik yang memperoleh nilai di atas kriteria ketutasan minimal (KKM).

Keywords

Hasil Belajar, Model pembelajaran Numbered Heads Together

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.