Literature Study: Increasing Motivation to Learn Science Through Models Problem Based Learning

Erma Saswindari

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji literatur tentang Meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Data yang diperoleh yaitu data sekunder dalam bentuk buku, jurnal, artikel ilmiah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data yang diperoleh diproses melalui reduksi data, kemudian dideskripsikan secara ilmiah sehingga diperoleh suatu kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi merupakan aspek yang harus dimiliki oleh siswa supaya siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik salah satunya dalam pembelajaran IPA, yaitu dengan melakukan pembelajaran dengan metode dan model yang variatif sesuai dengan kebutuhan siswa dan tuntutan masa depan. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan, PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu membuat aktivitas belajar menjadi lebih aktif sehingga berpengaruh positif pada motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian studi literatur, maka dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu membuat aktivitas belajar menjadi lebih aktif sehingga berpengaruh positif pada pembelajaran IPA dan secara efektif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords

Problem Based Learning, Motivasi belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.