Application Of Ice Breaking To Thematic Learning Outcomes Of Grade II Students At SD Negeri 1 Mangunsari

Dwi widiyastutik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi ice breaking terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II di SD Negeri 1 Mangunsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, observasi dan refkleksi. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar observasi dan soal tes. Hasil belajar yang diteliti meliputi hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data proses pembelajaran dan data kuantitif berupa nilai hasil belajar. Pada teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data model analisis interaktif yang terdiri dari beberapa komponen yakni mereduksi data, menyajikan data dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi ice breaking dapat meningkatkan hasil belajartematik peserta didik kelas II di SD Negeri 1 Mangunsari. Hal ini terlihat dari nilai pra siklus, siklus I dan Siklus II yang mengalami peningkatan.

Keywords

Ice breaking, learning outcomes, dan Tematik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.