Improving Student Learning Outcomes In Science Learning Using Mind Mapping
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir siswa didik pada tingkat sekolah dasar terutama untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) banyak disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menerima materi. Padahal IPA merupakan ilmu yang menuntut siswa didik untuk berpikir analitis dan tidak hanya berpikir secara sistematis. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang tepat dilakukan oleh pendidik untuk mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Mind Mapping merupakan metode yang dinilai tepat diaplikasikan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penelitian- penelitian yang telah dilakukan mengenai Mind Mapping dalam pembelajaran IPA. Teknik analisa data yang dilakukan menggunakan Meta-Sintesis sebagai metode systematic review kualitatif dengan mereview tiga jurnal penelitian terdahulu. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Mind Map dapat meningkatkan peranan siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar dan siswa merasa lebih senang dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna. Hal tersebut dapat terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.