Improving Mathematics Learning Outcomes Through Experimental Methods To Sixth Grade Student Of SD Muhammadiyah 8 Jagalan

Sidiq Widodo

Abstract

Penelitian pembelajaran ini dilatar belakangi adanya masalah berupa rendahnya hasil belajar matematika dikarenakan penggunaan metode konvensional yang tidak menarik bagi siswa. Dari studi pendahuluan didapatkan data bahwa ketuntasan hasil belajar matematika 59,1% dengan rata-rata 66,8. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan metode eksperimen. Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi di tiap siklus. Pada siklus I didapatkan hasil belajar matematika siswa meningkat dengan ketuntasan siswa 72,7% dengan rata-rata 75,2. Pada siklus II didapatkan hasil ketuntasan siswa 90,9% dengan rata-rata hasil belajar siswa 83,4. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran.

Keywords

Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.