The Implementation Of The Pakem Model To Increasing The Activity And Results Of Science Learning On Green Plant Materials In Class V Sd Negeri Cinyawang 02

Friska Carnia Mulasari

Abstract

Penelitian Tindakan (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri Cinyawang 02 Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran IPA dengan model PAKEM sampai dengan akhir siklus meningkat. Ini menujukkan bahwa aktivitas guru sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya aktivitas guru dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa sampai dengan akhir siklus mengalami peningkatan dengan nilai tertinggi 100, rata-rata 76,14 dan ketuntasan individu sebesar 100% dengan nilai ≥ 60. Ini menunjukkan bahwaa hasil belajar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% siswa mengalami ketuntasan belajar individu dengan nilai ≥ 60 dalam pembelajaran IPA. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Tumbuhan Hijau aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa meningkat.

Keywords

Metode PAKEM, keaktivan, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.