Application of the Project Based Learning Models Assisted by Google Earth to Improve Process Skills and Learning Outcomes in Social Sciences Lesson Content for Grade V Students at SD Negeri 1 Suroyudan

Arina Sarofah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS di sekolah dasar kelas V dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan google earth. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada pembelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia menggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan google earth dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Keterampilan proses siswa meningkat pada mata pelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia bagi siswa Kelas V semester 1 SD Negeri 1 Suroyudan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo tahun 2021/2022 dari pra siklus 11% menjadi 89% pada akhir siklus 2. Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi karakteristik geografis Indonesia bagi siswa Kelas V semester 1 SD 1 Suroyudan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo tahun 2021/2022 dari pra siklus 56,43 menjadi 86,43 pada akhir siklus 2.

Keywords

Keterampilan proses, Hasil belajar, Project Based Learning, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.