Increasing Ability To Solve Mathematical Problems Through The Application Of The Concrete Pictorial Abstract Approach

Nur Endah Suryani

Abstract

Kajian literatur ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang terdapat pada siswa khususnya siswa kelas V SD pada kemampuan pemecahan masalah matematis materi pokok penjumlahan pecahan. Masalah yang dihadapi siswa sekolah dasar yang kurang memahai cara menyelesaikan masalah dalam yang dominan dengan soal cerita dengan menerapkan proses pemebelajaran matematika ketika melalui pendekatan Concrete Pictorial Abstract. Pendekatan CPA ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dan dapat diterapkan oleh guru di kelas. Tujuan penelitian ini antara lain untuk: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar; dan 2) Peningkatan cara belajar yang mulai dari tahap konkret sampai abstrak sehingga siswa lebih mudah memahami.

Keywords

Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA), Pemecahan Masalah Matematis, dan Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.