School Programs and The Role Of The Teacher to Return The Character of Students Who Are Almost Collapsed In Right Learning
Abstract
Pendidikan karakter khususnya karakter cinta tanah air harus dilaksanakan sejak dini, salah satunya melalui lembaga pendidikan. Penelitian ini untuk melihat dan mengkaji program sekolah dan peran guru yang tepat dalam pembelajaran untuk berhasil membentuk karakter siswa, khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter siswa sekolah dasar dilakukan melalui program-program yang diselenggarakan oleh sekolah dan menerapkan peran guru dengan baik serta pemilihan pembelajaran yang tepat yang akan mendukung indikator pembentukan karakter siswa yang hampir roboh akibat ke zaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dapat diartikan bahwa karakter SD akan mengalami peningkatan jika siswa dapat menemukan program-program yang mendukung, kesigapan guru dalam mengarahkan siswa agar berkarakter baik, dan ketepatan pembelajaran yang menghasilkan luaran karakter yang baik bagi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.