Improving the Ability To Determine The Main Ideas Through The Learning Model, Interaction Between Schemata And Text (GIST)

Maharani Safitri

Abstract

Penelitian ini ada karena terdapat permasalahan membaca pemahaman pada peserta didik. Peserta didik dapat memahami bacaan jika peserta didik mengetahui ide pokok setiap paragrafnya. Peserta didik mengalami masalah dalam menentukan ide pokok sebuah paragraf. Guru perlu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menentukan ide pokok paragraf. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Generating Interaction Between Schemata And Text (GIST). Pada model pembelajaran ini, peserta didik dituntut untuk menentukan ide pokok setiap paragraf pada sebuah bacaan agar dapat merangkum isinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf denan menggunakan model pembelajaran GIST.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen berupa lembar observasi dan lembar evaluasi setiap akhir siklus. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GIST dapat meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok paragraf. Peningkatan ditunjukkan adanya peningkatan nilai rerata kelas tiap siklus.

Keywords

Generating Interaction Between Schemata And Text (GIST), Model Pembelajaran, Ide Pokok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.