Reading, Encode, Annotate, And Ponder (REAP) Strategy For Reading Comprehension

Ervina Esti

Abstract

Pendidik perlu mengetahui pentingnya kegiatan membaca pemahaman sebagai kegiatan yang memengaruhi pemerolehan informasi oleh peserta didik terhadap suatu ilmu baru melalui teks yang dibaca. Kegiatan membaca pemahaman penting untuk semua muatan pelajaran, maka dari itu penddidik perlu mengetahui strategi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan membaca pemahaman sebagai tingkat yang lebih tinggi dan rumit dari kegiatan membaca, sehingga peserta didik dapat memperoleh informasi baru dengan pengalaman membaca yang berkesan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskribsikan tentaang kegiatan membaca pemahaman, (2) mendeskribsikan strategi REAP untuk kegiatan membaca pemahaman. Haasil dari penelitian ini adalah: (1) kegiatan membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang ilaakukaan untuk memeroleh informasi baru. (2) Strategi REAP merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan membaca pemahaman melalui empat langkah, yaitu: Reading (membaca), Encoding (menyandikan), Annotating (menganotasikan, dan Pondering (merenungkan).

Keywords

Membaca pemahaman, strategi REAP, strategi membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.