The Improvement Civic Learning Quality Through Learning Cycle Model
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan satu sesi pengajaran untuk setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model learning cycle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 (cukup), pada siklus II memperoleh skor 30 (baik) dan pada siklus III memperoleh skor 38 (sangat baik); 2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 23,8 (cukup), pada siklus II memperoleh skor 32,5 (baik) dan pada siklus III memperoleh skor 37,05 (sangat baik); 3) Persentase ketercapaian klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 47,10%, pada siklus II sebesar 70,58% dan pada siklus III sebesar 88,23%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model learning cycle dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.