Wordwall Game to Improve Early Reading Skill with the Syllable Method for The First Grade Students in Primary School
Abstract
Selama masa pandemi Covid-19, guru tetap harus menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan metode suku kata pada siswa kelas I SD dengan menerapkan games Wordwall. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 50%. Pada siklus II siswa yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 69%. Pada siklus III siswa yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 94%. Hasil ini menunjukan bahwa games Wordwall dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan metode suku kata khususnya siswa di kelas I SDN 01 Kalimojosari.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.