Application Of Interactive Learning Strategies About The Special Characteristics Of Living Things To Improve Learning Outcomes Of Class Vi Students Of Sd Negeri 1 Silih Asih

Dina Maulidiana

Abstract

Penelitian ini adalah suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Silih Asih. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang ciri-ciri khusus makhluk hidup dengan menggunakan strategi pembelajaran interaktif pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Silih Asih pada tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikut sertakan seorang guru kelas VI sebagai observer. KKM mata pelajaran IPA kelas VI adalah 70, sedangkan kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran interaktif ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Pada Pra Siklus presentase ketuntasan belajar siswa yaitu 18,51%, kemudian siklus I presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 61,11%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,59%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA tentang ciri-ciri khusus makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ditunjukan dan meningkatnya hasil belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Silih Asih.

Keywords

Strategi Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.