Improving The Quality Of Learning IPS Through The Two Stay Two Stray Model with Powerpoint Media at SDN Bendan Ngisor, Semarang City

Afrinia Nur Fatimah

Abstract

Pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kehidupan di masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil refleksi diri dalam pembelajaran IPS pada kelas VB SDN Bendan Ngisor Kota Semarang di mana perlu adanya peningkatan. PTK ini terdiri empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi menggunakan tiga siklus, dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian guru dan 37 siswa SDN Bendan Ngisor. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh kategori baik, pada siklus II dan pada siklus III memperoleh kategori sangat baik. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup, pada siklus II memperoleh kategori baik, dan pada siklus III memperoleh kategori sangat baik. Hasil belajar ranah pengetahuan siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup, pada siklus II dan pada siklus III memperoleh kategori baik.

Keywords

IPS, Two Stay Two, Media Powerpoint

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.