Efektivitas Metode Cooperative Learning Teknik Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas 5 SDN 2 Mangkurayat Tahun Pelajaran 2019-2020

Nina Riyanawati, M. Ramdan, Hazna Nabila, Gia Silvia Nuraeni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan siswa dalam menulis kalimat bahasa Jerman sebelum menggunakan metode Cooperative Learning Teknik Concept Sentence; (2) Kemampuan siswa dalam menulis kalimat bahasa Jerman setelah menggunakan metode Cooperative Learning Teknik Concept Sentence; (3) Keefektifan metode Cooperative Learning Teknik Concept Sentence dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat bahasa Jerman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-exsperimental dengan desain “One Group Pretest-Posttest”. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 2 Mangkurayat yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 58,25 dan posttest sebesar 85,21. Dari hasil penghitungan statistik yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Cooperative Learning teknik Concept Sentence. Hal ini berdasarkan hasil penghitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel (30,29 > 1,98). Berdasarkan perolehan nilai siswa, dapat dikatakan kemampuan menulis siswa meningkat setelah menggunakan metode Cooperative Learning teknik Concept Sentence.

Keywords

metode cooperative learning, teknik concept sentence, kemampuan menulis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.