Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Lewo Baru II Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2020/2021

Nita Ulpatul Huda Lestari, Dani Gunawan, Rajji Koswara Adiredja, Adna Daniah, Laras Mutiara

Abstract

Kemampuan membaca sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar mampu memahami isi dari informasi secara menyeluruh dan menemukan makna dari bacaan. Namun masih terdapat berbagai hambatan yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami bacaan, untuk itu Sekolah merupakan gerbang utama dalam mendalami kemampuan ini karena di setiap pembelajaran tidak pernah lepas dari membaca dan memahami bacaan terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SDN Lewo Baru II; (2) apa saja hambatan yang dialami siswa dalam membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan di SDN Lewo Baru II. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis dan menggambarkan tujuan dari penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Lewo Baru II, dan sampel dari penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN Lewo Baru II dengan jumlah 21 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Lewo Baru II tahun ajaran 2020/2021 secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 64. Jika dimasukan ke dalam kategorisasi kemampuan membaca pemahaman termasuk ke dalam kategori cukup. (2) Dari hasil wawancara terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dan menjadi penghambat dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Lewo Baru II tahun ajaran 2020/2021 yaitu motivasi dan minat, kebiasaan, pengaruh orang tua, keadaan dan bahan bacaan.

Keywords

Kemampuan, Membaca, Pemahaman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.