Teacher's Perception of Online Learning at the Integrated Islamic Elementary School Santiniketan Bandung

Ejen Jenal Mutaqin, Hendi Herdiansyah, Neni Nadiroti Muslihah

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena pembelajaran daring yang disebabkan adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei deskriptif, untuk memberikan gambaran tentang persepsi guru sekolah dasar terhadap pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Santiniketan Baleendah Bandung. Dalam penelitian, jenis sumber data berupa informan sangat penting perannya sebagai narasumber yang memiliki informasi. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 17 orang. Data-data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran angket, wawancara, dan observasi atau pengamatan. Hasil penelitian ini memberi kontribusi positif yang berupa stimulus bagi guru untuk melakukan evaluasi secara berkala, baik dari aspek membuat perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam peningkatkan kapasitas profesionalime, serta dapat menjadikan peserta didik sebagai evaluator untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memahami keinginan atau persepsi peserta didik terlebih dahulu.

Keywords

Persepsi Guru, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.