Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi FPB dan KPK Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas 4 SD Negeri Kramatan

Dwi Hellyn Utamie

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas 4 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning materi FPB dan KPK. Penelitian ini bertempat di SD Negeri Kramatan Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek siswa kelas 4 SD Negeri Kramatan sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes evaluasi. Untuk Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi FPB dan KPK. Hal ini ditunjukan dari hasil rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 54,74 menjadi 65 pada siklus I dan 77,39 pada siklus II. Ketuntasan belajar dari 21,74% (5 siswa) pada pra siklus menjadi 43,48% (10 siswa) pada siklus I dan 87% (20 siswa) pada siklus II.

Keywords

Problem Based Learning, Prestasi Belajar, FPB dan KPK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.