Penggunaan Media Pembelajaran Lidi Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bangun Datar Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan membuat bangun datar pada peserta didik kelas III sekolah dasar dengan menggunakan media pembelajaran lidi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas kegiatan pratindakan dan kegiatan siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membuat bangun datar setelah digunakannya media lidi. Nilai rata- rata keterampilan membuat bangun datar pada kegiatan pratindakan yaitu sebesar 52. Persentase ketuntasan klasikal hanya 20% atau 2 peserta didik saja yang mencapai KKM. Nilai tersebut mengalami peningkatan pada siklus pertama. Rata-rata nilai siklus pertama menjadi 73 dengan persentase ketuntasan sebesar 80% atau 8 anak berhasil mencapai KKM. Persentase ketuntasan tersebut meningkat sebanyak 60% dari hasil pratindakan. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran lidi dapat meningkatkan keterampilan membuat bangun datar peserta didik kelas III SD Negeri 2 Nguneng.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.