Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Magnet pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Melalui Metode Eksperimen

Tutik Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sapuran setelah penerapan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya Magnet. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian berupa penelitian secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik langsung sedangkan alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 53,75 dan pada siklus I nilai rata-rata siswa 67,50 atau meningkat 13,75 dibanding nilai rata-rata prasiklus. Pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa adalah 83,13 atau meningkat 15,63 dibanding nilai rata-rata siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sapuran Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo.

Keywords

Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Eksperimen, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.