Increase student activity in science learning by using problem based learning learning models

Enur Nurhayati

Abstract

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana meningkatnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Utama 3 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Sumber Energi setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian berupa penelitian secara langsung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya ada peneliti dan kolaborator. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 50,45 dan pada siklus I nilai rata-rata siswa 67,28 atau meningkat 16,83 dari nilia rata-rata yang didapat saat prasiklus. Pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,63 atau meningkat 18,35 dari nilai rata-rata siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Sumber Energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Utama 3 Kota Cimahi.

Keywords

Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.