Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Cerita Fiksi Melalui Active Learning Teknik Test Questions Pada Siswa Sekolah Dasar

Wijayanti Wijayanti

Abstract

Kemampuan siswa Kelas VI SD Negeri Bogorejo dalam memahami isi cerita fiksi sangat rendah. Permasalahan tersebut diatasi melalui active learning teknik tes questions. Diharapkan dapat bermanfaat untuk kepentingan pihak lain. Maksud dari active learning teknik test questions adalah pembelajaran yang menuntut siswa selalu aktif membuat pertanyaan dan dijawab antar siswa.Penelitian dilaksanakan 2 siklus, bersama siswa kelas VI SD Negeri Bogorejo berjumlah 13 anak. Pengumpulan data dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran mencerminkan indikator: interaktif, inspiratif, memotivasi, menantang dan menyenangkan. Proses pembelajaran mengalami perubahan kurang signifikan dengan indikator perubahan sebesar 27%. Kemampuan siswa mengalami peningkatan cukup signifikan karena memperoleh peningkatan sebesar 44%. Kesimpulan akhir membuktikan bahwa active learning teknik test questions dapat mengubah proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas dan dapat meningkatkan kemampuan memahami isi cerita fiksi bagi siswa kelas VI SD Negeri Bogorejo.

Keywords

active learning, cerita fiksi, proses pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.