Analysis Of The Relationship Of Reading Skills With Writing Skills Of Elementary School Students Class 2 Elementary School

Juweni Juweni

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis narasi pada siswa sekolah dasar. Rata- rata yang didapatkan untuk keterampilan membaca sebesar 54,65% sedangkan untuk keterampilan menulis sebesar 55,14%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca dan menulis memiliki hubungan yang sangat erat, semakin banyak dan baik dalam membaca maka karya tertulisnya juga sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka karya tertulisnya memiliki keterampilan membaca yang baik karena dengan membaca sangat berpengaruh terhadap keterampilan yang dimiliki siswa.

Keywords

keterampilan membaca, keterampilan menulis narasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.