The Effect of Problem Based Learning Learning Model on Learning Outcomes for Grade 2 Elementary School

Heni Yuliastuti Dewi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar pembelajaran kelas 2 sekolah dasar. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif menggunakan data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan secara trigulasi, didapatkan hasil bahwa: Yang pertama hasil belajar dilihat dari aspek kognitif . Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran, hasil ini dilihat dari hasil pretest dan posttest. Yang kedua dari aspek ranah sikap. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang dilihat dari aspek kognitif, ranah sikap dan ketrampilan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pembelajaran kelas 2 Sekolah Dasar.

Keywords

model problem based learning, hasil belajar, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.