Application Of The Make A Match Learning Model to Increase Student Activity and Learning Outcomes in Class V of SD Karanganyar 2 Academic Year 2019/2020
Abstract
IPS mencakup berbagai materi untuk siswa SD yang dianggap sulit untuk dipahami. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor internal guru.. Selain keaktifan belajar menjadi rendah, hal tersebut juga dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS menjadi rendah. Maka diperlukan model pembelajaran yang tepat dan relevan untuk lebih mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar IPS yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Tujuan penelitian yang akan dilakukan yaitu 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Make A Match pada keaktifan dan hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri KARANGANYAR Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan model pembelajaran Make A Match, 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap keaktifan dan hasil belajar. Sedangkan hasil tindakan perbaikan terhadap keaktifan belajar siswa terdapat peningkatan akhir sebesar 99,80% (Tinggi) dan hasil belajar siswa 99,99% tuntas.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.